Sejarah Virus Komputer (Bagian Ke-2)
  

Apriyanto Lv4Posted 31 Jan 2020 18:34

Sejarah Virus Komputer (Bagian Ke-2)

Brain

Brain adalah virus pertama yang menyebar pada sistem operasi komputer IBM. Seperti Elk Cloner, Brain juga merupakan virus boot sector, walaupun pembuatnya memiliki sedikit kesamaan dengan Skrenta. Pembuat virus Brain adalah dua bersaudara asal Pakistan yang bernama Basit dan Amjad Farooq Alvi. Mereka mengaku tidak mengetahui mengenai Skrenta atau Elk Cloner ketika mereka membuat virus Brain pada tahun 1986.

gambar1.png

Sebagai pendiri Brain Computer Service, Alvi bersaudara menyatakan bahwa mereka membuat Brain untuk menghukum dan melacak pembajakan software kesehatan buatan mereka untuk IBM. Mirip dengan Elk Cloner, Brain mengganti boot sector pada komputer yang belum terinfeksi, dengan yang sudah terinfeksi. Brain tidak berbahaya, lebih kepada gangguan seperti memperlambat disk, terkadang menghalangi pengguna untuk menyimpan, tetapi tidak merusak data yang ada. Selain itu, Brain juga menyertakan sebuah pesan:

"Welcome to the Dungeon (c) 1986 Basit & Amjad (pvt) Ltd. BRAIN COMPUTER SERVICES 730 NIZAB BLOCK ALLAMA IQBAL TOWN LAHORE-PAKISTAN PHONE :430791,443248,280530. Beware of this VIRUS…. Contact us for vaccination………… $#@%$@!!"

Pesan tersebut bukan pesan iseng, sehingga alamat dan kontak yang ada merupakan data yang sebenarnya. Jadi, setiap kali Alvi bersaudara mendapatkan telepon, surat, atau kunjungan oleh pengguna yang ketakutan terhadap pesan yang mereka sisipkan, mereka dapat mengetahui siapa dan di mana software bajakan mereka yang digunakan.

gambar2.png

Komplain pertama tentang Brain datang dari Miami, AS. Pengguna mendapatkan masalah pada disknya dan menemukan beberapa baris kode tambahan. Setelah beberapa waktu, Alvi bersaudara mengganti kontak mereka dan menghapus informasi tentang kontak mereka dari Brain. Mereka mengatakan bahwa mereka berhenti menjual software yang terkontaminasi sejak 1987. Sekarang, perusahaan mereka berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi, dan menjadi perusahaan Internet Service Provider terbesar di Pakistan.

Chaos

Skrenta yang menciptakan Elk Cloner bekerja di keamanan Internet pada tahun 90-an. Saat ini, ia adalah CEO sebuah perusahaan pencari Blekko yang bernilai 60.2 juta dolar AS. Walaupun disket sekarang sudah jarang digunakan karena sudah digantikan dengan penggunaan USB, namun virus boot sector masih eksis hingga saat ini. Penggunaan hardware dalam pemindahan data saat ini sudah mulai berkurang, sehingga para pakar mengatakan bahwa masa virus akan berakhir.

gambar3.png

Namun, bukan berarti permasalahan sudah selesai. Permasalahan virus akan semakin besar, dan sudah merambah ke dunia online. Bisnis antivirus yang kian membesar membuat Skrenta bersedih. "Seharusnya kita membuat sistem yang lebih tahan terhadap virus, daripada memiliki industri multi-juta dolar untuk membersihkannya.", kata Skrenta. Senada dengan Skrenta, Alvi bersaudara juga merasakan penyesalan dengan membantu membuat percikan, yang saat ini menjadi sangat besar efeknya. " Tetapi sangat menyenangkan menjadi yang pertama meluncurkannya (virus)".

Sekian
Sumber : sourcelink

Like this topic? Like it or reward the author.

Creating a topic earns you 5 coins. A featured or excellent topic earns you more coins. What is Coin?

Enter your mobile phone number and company name for better service. Go

hendra Lv2Posted 03 Feb 2020 18:35
  
wow ... mantab                                                                                                     
anwar_huda Lv2Posted 23 Feb 2020 14:11
  
virus BRAIN kaya tukang sedot wc aja ada no kontaknya
arvin Lv2Posted 24 Feb 2020 15:30
  
waduh longkap
back to part one heula
Esmeralda Lv4Posted 27 Apr 2020 01:29
  
Mantaaappp

Moderator on This Board

118
24
19

Started Topics

Followers

Follow

Trending Topics

Board Leaders